Sunday, November 24, 2013

BAB II

BAB II

TEMPAT KERJA PRAKTEK


2.1     Gambaran Umum Institusi

PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors yang beralamat di Jalan Jend. A. Yani, Proyek Pulo Mas Jakarta Timur merupakan distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dan Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC).

Mulanya adalah sebuah ide brillian yang tercetus dari cara berfikir cemerlang dalam memanfaatkan peluang. Peluang tersebut muncul sejalan dengan kebijakan pemerintah mengenai penanaman modal, baik modal asing, maupun modal dalam negeri.

Tahun 1970, berdirilah PT. New Marwa 1970 Motors sebagai distributor tunggal Mitsubishi Indonesia. Kemudian pada tahun 1973 berganti nama menjadi PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors ( KTB ).

Dengan tiga pilar penjualan yaitu Light Commercial Vehicle (LCV), Commercial Vehicle (CV) dan Passenger Car (PC), KTB terus memperkenalkan produk-produk kendaraan baik untuk kebutuhan bisnis maupun kendaraan pribadi yang sesuai dengan kebutuhan dan permintaan masyarakat Indonesia. Jajaran produk kendaraan niaga di kelas light dan medium truck dari Mitsubishi Fuso dengan bermacam variannya melengkapi semua kebutuhan niaga di Indonesia mulai dari pertambangan, perkebunan, hingga perdagangan retail. Sementara hadirnya kendaraan niaga ringan seperti L300 dan Strada Triton pun menjadi pilihan kepercayaan konsumen untuk menunjang transportasi bisnis mereka. Dan di kelas kendaraan penumpang, sukses revitalisasi kendaraan penumpang Mitsubishi Motors pun diraih dengan lengkapnya seluruh varian passenger car mulai dari sedan, MPV, Double Cabin hingga suksesnya SUV terbaru kami Pajero Sport yang memberikan kontribusi penjualan yang sangat baik di kelas kendaraan penumpang, dengan varian nya yang juga lengkap mulai dari 4x2 hingga 4x4.

Selama empat dekade lamanya, KTB telah secara terus menerus mendukung pembangunan dan ekonomi di Indonesia, dan telah menjadi komitmen akan terus berada di tanah air tercinta dengan terus memperbaiki kualitas produk dan layanan bagi para konsumen Indonesia yang telah menjadi bagian dari keberadaan KTB.

2.2     Kebijakan Mutu dan Lingkungan

PT. Krama Yudha Berlian Motors akan melaksanakan :

"Penyempurnaan terus menerus dan berkesinambungan pada produk dan pelayanan, untuk mencapai perusahaan kelas satu dengan standar internasional."

"Memelihara setinggi-tingginya prinsip kelestarian lingkungan dalam menjalankan bisnis perusahaan dan memastikan bahwa bisnis perusahaan dilaksanakan dengan cara yang ramah lingkungan dengan memperhatikan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkungan.

a.    Patuh pada perjanjian, hukum, dan peraturan yang berkaitan dengan lingkungan,dan menjaga  kesehatan manusia  dan lingkungan sekitar.
b.    Membina prinsip pembangunan yang berorientasi kelestarian lingkungan hidup dan ekosistem.
c.    Menggunakan sumber daya alam dan energi dengan efisien dan mengurangi timbulnya limbah, serta  mendaur ulang limbah dan menggunakannya secara efektif."

2.3     Nilai Korporat

2.3.1    Semangat :

1.    Berdedikasi
“Sadar akan tanggung jawab sebagai bagian dari perusahaan dan memandang persoalan perusahaan sebagai persoalan diri sendiri”

2.     Proaktif
“Berinisiatif dan selalu berusaha untuk mengantisipasi dan mengendalikan situasi yang tidak diharapkan”

3.    Cepat
“Tanggap dan bertindak dengan cepat dan benar. Kecepatan adalah senjata pamungkas”   

4.    Pantang menyerah
“Tidak pernah ragu menghadapi tantangan. Mau belajar dari kegagalan. Tidak pernah ragu untuk mengekspresikan diri walaupun akan ada beda pendapat”.

5.    Berkontribusi   
“Menjadi anggota tim yang penuh semangat dan bertanggung jawab serta saling peduli dan menghargai”

6.    Senyum
“Pekerjaan adalah anugerah. Jalani tugas dengan senyum agar tercipta suasana kerja yang menyenangkan”

2.3.2    Prinsip

1.    Indahnya berbagi
“Berkontribusi pada pembangunan masyarakat Indonesia melalui bisnis otomotif yang selaras dengan norma dan harapan masyarakat”

2.    Puas berkendara, hidup bahagia
“Sukses perusahaan adalah saat orang senang dan puas serta meraih sukses dalam hidup melalui manfaat produk dan layanan KTB”

3.    Manusia berharga
“Sangat menghargai karyawan. Oleh karena itu, KTB selalu peduli terhadap karyawan”

2.4    Struktur Organisasi Institusi     
       
2.4.1    Struktur Organisasi PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors

Struktur Organisasi merupakan bagian yang penting dalam sebuah perusahaan. Selain itu juga dengan adanya struktur organisasi, masing-masing bagian dapat memperoleh gambaran yang mengatur antar bagian, sehingga tercipta koordinasi yang baik di setiap bagian perusahaan.






Gambar 2.4 Struktur Organisasi  

2.4.2    Pemegang Saham

    Pemegang Saham PT.KTB
  1. PT. Krama Yudha.
  2. MC Automotive Holding Asia B.V.(100% subsidiary of Mitsubishi Corporation, Japan).
  3. Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation.
  4. Mitsubishi Motors Corporation.
2.4.3    Grup Usaha Terkait

Antisipasi terhadap perkembangan usaha dan persaingan bisnis otomotif juga dilakukan dengan memperluas jaringan pemasaran yang mencakup 3S (Sales, Service dan spare part), disamping itu juga dikembangkan partshop-partshop dan bengkel resmi Mitsubishi yang menyebar di seluruh Indonesia.

Fokus KTB tidak hanya pada ibukota propinsi atau kota-kota besar, tapi menjangkau pula sejumlah wilayah diluar Jawa/Sumatera. Dengan cara ini pula KTB wujudkan komitmen untuk tidak hanya memuaskan dan memberikan yang terbaik bagi pelanggan di kota besar, tapi juga yang ada di kota kecil, bahkan dipelosok tanah air.

Menyeleraskan kualitasnya, secara berkala diadakan pertemuan dengan para dealer untuk membahas situasi perkembangan pasar mobil dan aspek layanan purna jual. Disamping itu pada waktu-waktu tertentu, staf  KTB juga mengadakan kunjungan berkala ke sejumlah dealer dan pelanggan.

KTB sadar fungsi dealer sebagai jembatan antara KTB dan jaringan penjualan. Maka, KTB mendorong agar para dealer membina hubungan baik dengan para pelanggannya baik secara sendiri atau bekerjasama, serta sekaligus menyelenggarakan acara yang melibatkan pelanggan. KTB yakin, acara banyak manfaatnya sebagai refleksi tanda terima kasih terhadap produk yang digunakan dan penghargaan KTB atas kepercayaan konsumen.


0 komentar:

Post a Comment